Monday, January 14, 2013

Rusti Mawarni : Membangun Outsourcing Cleaning Service Profesional Sambil Kuliah



RUSTI MAWARNI ( 23 th ) adalah seorang mahasiswi, jurusan Manajemen Pemasaran di salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Diawali dari sebuah tekad yang besar dan  keadaan mendesak karena tekanan ekonomi ia mencoba banting setir membuka bisnis kecil-kecilan di bidang jasa yaitu cleaning service demi membantu kebutuhan ekonomi keluarga. Pengalaman bekerja di salah satu kantor outsourcing di Yogyakarta kurang lebih dua tahun sebagai karyawan di bagian Sales dan Administrasi, menjadikan modal tersendiri dalam membangun usaha ini. Mahasiswi ini mengawali usaha pada Juli 2010.

Pada awal melakoni bisnis ini ia mengalami berbagai kendala, di antaranya kendala pendanaan, legalitas dan pemasaran. Namun pada akhirnya kendala pendanaan terjawab.  Permodalan usahanya dibantu seadanya oleh orangtua (terutama ibu) yang selalu mendukung apa yang dia lakukan dan kerjakan. Permodalan yang lain dibantu dari berbagai pihak lain. Dari segi legalitas badan hukum dan ijin–ijin usaha, awalnya dia jasakan ke pihak ketiga, yang justru mengakibatkan kerugian karena penipuan dan ia kehilangan banyak uang kala itu.

Dengan modal pas-pasan, ia membuat materi sesederhana mungkin untuk memasarkan produk jasa yang ia tawarkan. Mulai dari menjajaki gedung- gedung, sekolah, bank, kantor-kantor pemerintah dan lain-lain. Pada saat itu, banyak kantor-kantor  yang sudah memakai jasa outsourcing lain sehingga tidak mudah untuk menembusnya. Tetap saja hal ini tidak mematahkan semangatnya untuk terus berusaha dan berusaha.

Menjalankan bisnis ini tidak semudah yang ia bayangkan sebelumnya. Walaupun begitu proposal tetap ia masukan ke kantor-kantor tersebut, entah mereka perlu dengan jasa yang ia tawarkan atau tidak ia tetap optimis. Akhirnya customer pun tertarik dengan jasa yang ia tawarkan. Dan klien pertamanya itu tetap setia memanfaatkan jasanya hingga sekarang.

Dalam mengembangkan usaha ini, prinsip yang terpenting dan musti dilakukan adalah selalu menjaga kualitas dan memberikan feedback yang positif atas jasa yang diberikan kepada klien. Dari sisi inilah keseimbangan value dapat terkontrol dengan baik. Begitu juga hubungan dengan tenaga kerja di lapangan, keseimbangan harus tetap dijaga dari segi komunikasi dan informasi. Alhamdulilah dari Juli 2010 sampai sekarang perkembangan bisnis ini merangkak pelan tapi pasti dengan 11 karyawan yang tersebar di wilayah DIY dan Salatiga.Usaha Mbak Rusti ini berbenderakan CV. Mawar Abadi, yang beralamat di Jl. Bantul, Jaranan, Panggungharjo, Sewon, Bantul (Belakang Pasar Niten Baru), Daerah Istimewa Yogyakarta. 




No comments:

Post a Comment